Tips Wangi Sepanjang Hari

09/23/13
Makeup & Tips

Tubuh manusia ditutupi oleh kulit. Luas keseluruhan permukaan kulit tubuh untuk orang dewasa mencapai kisaran antara 1,5-2,0 meter persegi (16,1-21,5 sq ft). Sebagian besar tebalnya antara 2-3 mm (0,10 inci). rata-rata 1 inci persegi (6,5 cm ²) dari kulit memegang 650 kelenjar keringat, 20 pembuluh darah, 60.000 melanosit, dan lebih dari 1.000 ujung saraf. (Wikipedia, 2013).

Karena banyaknya kelenjar keringat pada kulit manusia, maka sudah pasti banyak keringat yang diproduksi oleh tubuh kita setiap hari. Keringat itulah yang bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya masalah bau badan, khususnya keringat berlebih pada daerah ketiak. Tapi apa penyebab aroma tak sedap itu?

Bau badan timbul akibat hasil metabolisme sebum pada mikroorganisme di ketiak.Sebum diproduksi oleh kelenjar apokrin pada ketiak. Bau badan dapat dikurangi dengan produk deodoran atau antiperspiran. Bau badan juga dapat dihilangkan dengan ramuan herbal.Biasanya, bau badan wanita terasa lebih asin karena disebabkan bakteri micrococcaceae. Sedangkan bau badan pria terasa lebih asam karena disebabkan organisme mikroskopik ”lipophile diphteriode”. Bau badan juga dapat menjadi lebih terasa dan kuat jika berkeringat dengan dipicu oleh tekanan emosi.bau badan timbul jika bakteri alami pada kulit memecah protein sehingga menjadi asam. Kedua jenis asam yang melepaskan bau tidak sedap,adalah:

  • Asam propionat atau asam proponat, yang memiliki bau seperti cuka. Asam ini merupakan hasil penguraian keringat oleh propionibacteria, yaitu sejenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia remaja dan dewasa.
  • Asam isovalerik, yang memiliki bau seperti keju yang sangat kuat dan merupakan hasil penguraian keringat dengan bakteri staphylococcus.

Bau badan tetap dapat timbul meskipun keringat hanya bercampur 1% saja dengan bakteri. Oleh karena itu, bagi orang yang aktivitasnya cukup padat sebaiknya memakai deodoran atau antiperspiran sebelum beraktivitas. Aroma yang tak sedap, sudah pasti bisa membuat kita tidak nyaman bukan? Bukan kita saja yang merasa tidak nyaman, orang-orang disekitar kita juga pastinya merasa terganggu.

Berikut adalah tips-tips instan yang bisa dilakukan untuk menjaga aroma tubuh tetap wangi sepanjang hari:

  • Setelah mandi, gunakan deodorant yang mampu menahan keringat selama kita beraktifitas. Sesaat setelah mandi dan mengeringkan badan dengan handuk, gunakan body cream yang mengandung pelembab ke seluruh tubuh: tangan, leher, badan, dan kaki. Body cream dapat mengembalikan kelembaban tubuh yang hilang setelah mandi secara instan. Kelembaban tubuh inilah yang kemudian dapat berpengaruh pada berapa lama aroma parfum dapat bertahan di tubuh kita.
  • Gunakan body spray ke seluruh tubuh. Body spray juga mampu menahan aroma tidak sedap yang disebabkan oleh keringat. Body spray yang bagus, aromanya akan tetap bertahan hingga sore bahkan malam hari, walaupun aktifitas padat seharian dan membuat tubuh kita berkeringat.
  • Gunakan parfum pada beberapa titik di tubuh kita. Ingat ya, menggunakan parfum tidak pada baju, tapi pada kulit. Beberapa titik yang perlu diberikan parfum: kulit dibelakang telinga, leher, dan daerah pergelangan tangan. Sebagian orang juga senang menyemprotkan parfum di lengan bagian dalam sebelah kiri untuk kemudian menggosokkan lengan kanan sebelah luar dan sebaliknya sehingga kedua lengan menjadi wangi.

 

Selain tips instan di atas, ada beberapa hal yang juga perlu sobat lakukan secara rutin di rumah:

  • Mandi 2 kali sehari. Ada baiknya setiap 2 hari sekali gunakan body scrub/lulur untuk mengangkat sel-sel kulit mati.  Jika malas luluran di salon karena keterbatasan waktu, bisa gunakan body scrub yang mengandung sabun, sehingga bisa digunakan sembari mandi. Body scrub juga dapat menghasluskan kulit. Gosokkan body scrub terutama agak sedikit lama pada daerah ketiak, agar kulit ketiak kembali halus. Kulit ketiak bisa saja kering dikarenakan penggunaan deodorant.
  • Jika suka minum-minuman herbal, boleh dengan meminum air rebusan daun sirih. Daun sirih kaya akan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Oleh karena itu air rebusan daun sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan (Wikipedia, 2013).
  • Perbanyak makan lalap kemangi bagi yang suka lalapan. Daun kemangi memiliki aroma yang khas, yang salah satu fungsinya dapat mengurangi bau tak sedap yang disebabkan keringat dan bau mulut.
  • Istirahat yang cukup dan jaga pola makan. Konon, salah satu penyebab aroma badan yang tidak sedap itu akan menjadi semakin menyengat ketika kondisi tidak fit atau terlalu lelah. Ketika banyak memakan makanan yang mengandung lemak seperti daging, imbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Banyak makan makanan yang mengandung lemak dapat memicu aroma badan yang semakin tidak sedap.

 

Untuk wangi sepanjang hari, ada beberapa produk yang saya rekomendasikan untuk digunakan:

  • Milk & Honey Gold Smoothing Sugar Scrub (17556). Produk ini mengandung susu dan madu yang berfungsi untuk mengembalikan kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi halus. Produk ini sudah mengandung sabun, sehingga jika hanya memiliki sedikit waktu, menggunakan produk ini ketika mandi di pagi hari sudah dapat menyegarkan kulit.
  • Milk & Honey Gold Nourishing Hand & Body Cream (15570). Aroma produk ini sejalan dengan scrubnya, menjaga dan mengembalikan kelembaban kulit secara instan.
  • Giordani Gold Deodorising Body Spray (24170). Aroma body spray produk ini mampu bertahan hingga malam hari, walaupun beraktifitas dan berkeringat.

Cukup sekian dulu untuk edisi kali ini, semoga bermanfaat yaa :) :)

Write a comment

Name *

E-mail *

Website

Message *


0 Comments

There are no comments yet.

Balloons theme by
Moargh.de