Oriflame, HALAL

09/29/13
Bisnis

Beberapa waktu yang lalu, saya ada berkomentar pada status seorang teman, dan karena bakat iseng saya, mulailah saya memprospek orang tersebut untuk masuk Oriflame. Hehe..

Namanya juga manusia, kepala boleh sama hitam, tapi isi dalamnya beda-beda. Waktu saya prospek, yang bersangkutan malah jawab gini:

“klo oriflame, mikir dulu eh,,,ditelaah dulu coz itu produk Rusia. Halal ato tidak, qt yg nentukan utk hidup qt… # cie…cie…harap maklum, lebih selektif.”

Dan kemudian begini:

“qt memang tidak bs membuat kepastian suatu produk itu halal ato tidak, sebaiknya qt serahkan pd ahlinya,, memang ada bbrp produk sprti unilever yg , berlabel halal dr MUI, memang ada jg yg tidak, tergantung kebijakan qt sbg konsumen yang akan menggunakannya. Klo sdh ada yg mengakui halal (ex: WARDAH), kenapa tidak qt coba yg itu…# hehe…”

Agak gimana gitu bacanya. Tapi yah namanya kita berkomentar, apalagi di status orang, harus tetap pakai kode etik. Tidak boleh ngotot dan memaksa pendapat pribadi. Nah, sebagai jawaban atas pertanyaan mu mba, mas, jeng, pak, bu, gambar ini mungkin bisa menjawab keraguan Anda para calon konsumen, tentang kehalalan produk Oriflame:

Kehalalan

Produk Oriflame TIDAK MEMILIKI kandungan di bawah ini:

  • Babi dan Anjing
  • Kematian hewan, termasuk pembunuhan hewan yang dilakukan tanpa prosedur Islam
  • Hewan dengan taring gigi
  • Hewan yang menggunakan cakar
  • Darah dan plasenta dari hewan

 

Tulisan ini saya buat sebagai jawaban atas pertanyaan kehalalan produk yang saya gunakan dan yang saya jual. Karena saya sebagai umat Islam tentunya juga tidak mau menggunakan, apalagi sampai menjual barang-barang yang haram.

 

  • memang ada produk yang mungkin dilabeli dengan kata “halal” dari MUI. Tapi saya perhatikan, label tersebut hanya terdapat pada makanan, minuman, bumbu masak, dan sebagainya yang berhubungan dengan masakan/minuman, tetapi sangat jarang saya temukan ada label “halal” pada kemasan kosmetik, pun sekelas Ward*h yang nota benenya halal, di salah satu produk yang pernah saya gunakan, itu juga tidak ada label halal-nya. Coba perhatikan semua kemasan prduk yang sering kita gunakan sehari-hari. Sabun mandi, pasta gigi, handbody, deodorant, apakah semuanya ada label “halal”nya? Menurut yang saya perhatikan, tidak satupun dari produk yang ada di pasaran yang memberi label “halal” pada produk toiletries mereka. Apakah itu artinya lantas kita mandi tidak menggunakan sabun, pasta gigi, shampo, lantaran tidak ada label “halal”nya? Tentu tidak, bukan? Kita tetap mandi menggunakan sabun-shampo-pasta gigi juga kan? Dan untuk diketahui, produk Oriflame tidak hanya sebatas produk make up, tapi juga ada produk toiletries seperti sabun mandi, shampo, facial wash, body scrub, dan lain sebagainya yang merupakan kebutuhan keseharian kita, yang sepanjang pengetahuan saya, tidak dijual oleh merek sebelah yang notabenenya halal :D
  • Oriflame bukan produk Rusia, tapi produk asal Swedia. Hanya pabrikannya saja yang ada d beberapa negara seperti Rusia dan India. Sama halnya dengan produk tetangga, markas besarnya ada di Rotterdam, tapi pabrikannya karena mau jual di Indonesia, jadi buatnya di Indonesia.
  • Oriflame sangat mengerti dan menghargai umat muslim di seluruh belahan dunia, yang menjadi pengguna produk mereka. Kalau pihak Oriflame main curang dengan menggunakan bahan yang tidak halal, menurut hemat saya tidak akan mungkin Oriflame bisa eksis di 63 negara di dunia.
  • Pada setiap produk Oriflame yang menggunakan kandungan alkohol denat, jika Anda perhatikan dikemasannya tertulis jumlah persentase kandungan alkohol. Hal ini sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh BPOM.

 

Jadi, dengan tidak merendahkan produk manapun, saya ingin mengatakan bahwa pernyataan yang menyatakan keraguan tentan halal-tidaknya Oriflame, sebelum menjudge oriflame tidak jelas, yuk perhatikan dulu produk yang biasa Anda gunakan, apakah benar-benar ada label “halal”nya?

Write a comment

Name *

E-mail *

Website

Message *


0 Comments

There are no comments yet.

Balloons theme by
Moargh.de