Hati-Hati Ketika Menyanyi

09/25/13
Artikel Bebas

Masih ingat penyanyi yang bernama “Mbah Surip”? Beberapa waktu yang lalu Mbah Surip mendadak tenar, dan lagunya menjadi hits selama beberapa waktu. Ingat kan lagunya yang berjudul “Tak gendong kemana-mana” dan “Bangun tidur tidur lagi”..

Suatu hari ketika di kampus beberapa tahun yang lalu, iseng-iseng saya bernyanyi “bangun tidur tidur lagi……” di dekat salah satu teman saya di kampus. Percakapan pun terjadi (Lebih kurang seperti ini):

Andre : “Eh put, bahaya kau nyanyi lagu itu..”

Saya  : “Loh, kenapa emang??”

Andre : “Bahaya itu lagu. Nanti kau ndak bangun-bangun lagi sama kayak yang nyanyi. Liat lah Mbah Surip, kebanyakan nyanyi lagu itu, ga bangun-bangun lagi toh dia??”

Saya  : “Haha,, iya yah. Bisa aja kau Ndre. Baiklah, saya ga akan nyanyi lagu itu lagi..”

 

Dalam hati saya berfikir, benar juga apa yang dikatakan teman saya tersebut. Mungkin itu hanya sugesti, tapi kalau boleh membawa sedikit hadits, hadits berikut bisa dijadikan bahan untuk kita berfikir ulang dan lebih berhati-hati ketika berkata-kata.

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah ia bicara yang baik atau diam.” (HR. Bukhari dari Abu Hurairah ra.)

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk berbicara HANYA yang BAIK. Jika tidak ada hal baik yang dapat kita katakan, maka diam jauh lebih baik. Dalam hadits yang lain Nabi SAW bersabda “Kullu kalam addu’a” yang artinya “setiap perkataan adalah do’a.” Apapun yang keluar dari mulut kita, baik perkataan baik ataupun buruk, sebagian dari perkataan kita adalah do’a.

Lah, apa hubungannya dengan lagu? Itu kan hanya sekedar nyanyi-nyanyian doank?
Hmm,, iya Cuma nyanyian doank. Tapi nyanyian keluarnya dari mulut toh? Dan ucapan yang keluar dari mulut adalah perkataan toh? Nah kan setiap perkataan adalah do’a?

Hmmm.. Boleh kita liat sekilas fakta-fakta berikut?

  • Ayu ting-ting yang sempat hits dengan lagunya “Alamat Palsu”
    Pernah lihat kemesraan ayu ting-ting dengan pacarnya di TV? Betapa sepertinya mereka pasangan yang tidak akan pernah terpisahkan, padahal mereka belum menikah waktu itu. Tapi sekarang, dimana suaminya? Sama seperti lirik lagu yang sering ia nyanyikan. “Dimana dimana dimana, ku harus mencari dimana??…”
  • Saskia Gotik dengan hitsnya “Satu Jam Saja”
    Salahnya sendiri cuma meminta satu jam saja. Lihat faktanya? Keseringan mengucapkan lirik lagu satu jam saja, akhirnya benar-benar dikabulkan Tuhan deh. Yang niat tadinya nikah sama Vicky, eh malah tertipu. Benar-benar singkat waktunya bukan? Setelahnya Vicky ditangkap polisi dengan dugaan penipuan.
  • Rumor dengan hitsnya “Butiran debu”
    Liriknya “aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi…..”, sekarang kemana dia? Masih tenar kah? Benar-benar jatuh kan sesuai dengan doa yang dia ucapkan?

Sebagian fakta tersebut, rasa-rasanya sudah cukup lah untuk kita, bahwa sekalipun hanya lagu, ada baiknya kita pilah lagu dengan lirik yang baik. Apalagi saat ini, kebanyakan lagu hits malah lagu-lagu yang liriknya bisa dikatakan terlalu vulgar dan tak layak bahkan hanya sekedar untuk dinyanyikan.

Untuk yang sudah terlanjur suka dengan lagu-lagu galau, sedih berlebihan karena cinta seperti manusia paling sengsara di dunia, ataupun lagu-lagu dengan lirik “jorok”, yuk ah lebih diseleksi lagu tersebut. Kan masih banyak lagu yang lebih layak untuk kita dengar. Kalau masih mau lanjut nyanyi lagu yang liriknya sangat tidak berkualitas itu, ya itu hak asasi masing-masing, monggo kalau tidak percaya, mungkin suatu saat akan terbukti efeknya.

Semoga bermanfaat. Silakan share jika suka :)

Write a comment

Name *

E-mail *

Website

Message *


0 Comments

There are no comments yet.

Balloons theme by
Moargh.de