Do’a Memohon Kemenangan

10/05/13
Doa

Dapet ilmu pas ikut suatu pengajian. Do’a ini dulu ternyata sering saya baca :D

“Rabbana afrigh ‘alaina shobrow watsabbits aqdaamana wanshurna ‘alal qoumilkafiriin..” (Q.S. Al-Baqarah:250)

Artinya: “Ya Tuhan Kami, tuangkanlah kesabaran atas diri Kami, dan kokohkanlah pendirian Kami dan tolonglah Kami terhadap orang-orang kafir.”

Doa ini berawal dar kisah peperangan antara kaum muslimin yang dipimpin oleh Thalut yang hanya berjumlah 3000 tentara melawan tentara Jalut yang berjumlah 210ribu tentara. Akan tetapi, tentara Muslimin tidak gentar sedikitpun, karena mereka yakin Allah akan memberi kemenangan kepada mereka. Dan memang benar, kaum muslimin berhasil memenangkan pertempuran tersebut.

Lantas, apa yang menjadi kunci kemenangan kaum muslimin?

  • Kesabaran. Kaum muslimin tidak serta merta memohon kemenangan pada saat mereka berdo’a. Akan tetapi mereka memohon kesabaran. Kesabaran ketika ditimpa musibah, kesabaran dalam ketaatan kepada Allah, dan kesabaran dalam menghadapi kemaksiatan.
  • Kekokohan, motivasi = Azam. Niat yang tertanam kuat di dalam hati untuk membela agama Islam, berjuang di jalan Allah
  • Pertolongan Allah. Segala sesuatu tidak akan pernah terjadi tanpa izin Allah. Karena Allah mengizinkan, walaupun pasukan muslimin 1:70 dengan pasukan kafir, kaum muslimin tetap bisa menang karena izin Allah.

Do’a ini bisa kita baca setiap sholat, karena sejatinya hidup ini adalah sebuah pertempuran yang sangat panjang. Dalam beribadah kita berperang dengan godaan syaitan. Dalam bekerja dan berusaha, terkadang kita harus melawan rasa malas yang datangnya dari syaitan. Jika tanpa azam yang kuat di dalam hati kita, niscaya kita akan menjadi orang yang lemah.

Begitu juga dengan pertolongan Allah. Karena walaupun kita telah sabar dan bertekad keras, tanpa izin Allah kesuksesan tidak akan menghampiri kita. Karena Allah lah yang menjadikan kemenangan atas kita. Oleh karena itu, kita perlu mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada sang penolong kita, Allah SWT.

Silakan share, semoga bermanfaat :)

Write a comment

Name *

E-mail *

Website

Message *


0 Comments

There are no comments yet.

Balloons theme by
Moargh.de